(0721) 701418    info@umitra.ac.id

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

UNIVERSITAS MITRA INDONESIA

Detail Berita

Bunga Untuk Bunga: Film Pendek Mahasiswa Umitra

  • Published on 10 Juli 2015
  • |
  • Poosted by Admin

Kreativitas mahasiswa Umitra patut dikedepankan. Bagaimana tidak mereka memanfaatkan semangat learning by doing. Mereka mempraktekkan langsung mata kuliah yang mereka ambil dengan proses atau hal-hal teknis di lapangan.

Ide briliant sang dosen Riky Hendrawan, S.Kom, yang mengajar mata kuliah komputer grafik pada mahasiswa STMIK Mitra Lampung, memberikan tugas  pengganti mengikuti Ujian Akhir Semester untuk setiap mahasiswa yang mengambil matakuliahnya membuat film pendek.

Alhasil sejumlah film pendek jika kita searching you tube dengan Umitra UAS akan muncul beberapa film pendek yang bisa dikatagorikan komersial.  Satu diantaranya berjudul Bunga Untuk Bunga.

Awal cerita satu kampus tapi tidak saling mengenal  padahal sekelas. Pertemuan mereka tidak sengaja di gang . Bunga dilukiskan sering menjadi pilihan utama si lelaki untuk diberikan kepada kekasihnya. Joni sepertinya sudah mulai tertarik pada Bunga dan mulai berani mengungkapkan perasaan yang ada di hatinya walaupun hanya melalui bunga dengan kalimat-kalimat bernada sindiran. Sepertinya sederhana jalan ceritanya, namun teknik editing audio visual, blocking dan memanfaatkan momen sudah bisa dilakukan oleh para mahasiswa STMIK Mitra Lampung ini.

Film dengan durasi 12,39 menit ini mengambil lokasi di kampus Umitra dan Gedung Meneng, Bandar Lampung. Berperan sebagai bunga, Nia mahasiswa semester dua, dan Joni diperankan oleh Agus Budi, mahasiswa semester enam. 

Kedepannya film pendek ini akan dibuat sekuel lanjutan.  Masih ada beberapa lagi film pendek mahasiswa, seperti yang berjudul Empat Kaki. Di film ini bercerita tentang persahabatan empat mahasiswa perantauan.”Filosofi yang cerdas bisa kita ambil dari film empat Kaki yang mengambil lokasi syuting di Citra Garden,” ujar Riky.

Sementara itu Waket III bidang Kemahasiswaaan, Ir.  Affan Zaldi Erya, sangat apresiasi dengan kreativitas mahasiswanya yang luar biasa.”Alhamdulillah apresiasi di dunia maya cukup besar terhadap kreasi mahasiswa kami ini khususnya untuk film pendek Bunga Untuk Bunga dan Empat Kaki,” tukas Aldi.