(0721) 701418    info@umitra.ac.id

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

UNIVERSITAS MITRA INDONESIA

Detail Berita

Fakultas Komputer UMITRA adakan Workshop mikrokomtroler dan Robotika untuk Siswa SMK

  • Published on 28 Februari 2020
  • |
  • Poosted by Admin

Bandar Lampung,  Fakultas  Komputer  Universitas mitra Indonesia  menggelar workshop Mikrokontroler dan Robotika. Workshop merupakan salah satu agenda tahunan  Fakultas Komputer Umitra  yang tahun ini mengangkat materi tentang “Membangun Skill keteknikan  melalui workshop”tujuan diadakan workshop ini untuk membekali  siswa dan siswa dari   smk yang ingin menngenal tentang mikrokontoler dan  Robotik   acara ini  di adakan di ruang  A3.4 dan A3, 5 Universitas Mitra Indonesi yang beralamat di jl. ZA. Pagar Alam  N0. 7 Bandar lampung.  Jum’at (28/2).
 
Acara Workshop Mikrokontroller dan  Robotik  dibuka oleh  wakil rector III Armen Patria, S. Kp, MM, M.Kes  Agenda ini diharapkan peserta bisa meningkatan skill terkait mikrokontroller dan Robotik. Dengan workshop ini diharapkan peserta tidak hanya praktek tapi juga memahami konsep dan prinsip dasar sehingga saat menemui kasus atau masalah bisa menangani dengan baik” pesan  Pak  Armen  pada sambutannya.
 
"Kami berkomitmen untuk mengentaskan kesenjangan pendidikan IPTEK yang kualitasnya berbeda jauh antara kota besar dan daerah tertinggal." Ujar  Armen.
 
Kaprodi Informatika seakaligus sebagai narasumber Khozainus Zuhri, S.kom. M.Eng  menyampaikan bahwa perkembangan teknologi robot bergerak sangat cepat dan perlu mendapat perhatian kalangan kampus, salah satunya dengan mendorong mahasiswa dan dosen aktif dalam unit kegiatan mahasiswa (UKM) robotik. ”Mempelajari teknologi robot bagian dari menciptakan solusi mempermudah kebutuhan manusia. Karena itu kampus perlu memberikan sumbang saran berkenaan perkembangan dunia robotik,” tambah  Kaprodi  dalam kesempatan itu. Untuk menjawab kebutuhan dan perkembangan teknologi di bidang tersebut Fakultas computer Umitra  tergerak untuk melakukan terobosan. ”Menyelenggarakan  workhsop, diskusi, persiapan pendirian UKM, termasuk memulai riset robotik bagian dari keinginan kami serius terhadap perkembangan dunia robotik” 
 
Seminar berlangsung meriah diawali dengan paparan materi dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. Pembicara  memaparkan teknologi robot bermanfaat membantu pekerjaan manusia terutama untuk beberapa hal yang sulit dikerjakan tanpa bantuan mesin contohnya bidang industri berat, militer, kesehatan, bahkan penanggulangan bencana. ”Dewasa ini dalam perlombaan robot tingkat mahasiswa, dirancang mesin yang bermanfaat untuk pemadam api. Namun untuk bisa melakukan penelitian robot juga butuh dukungan biaya yang tidak kecil,” katanya.
 
 Disekolah  robotika belum masuk ke kurikulum pelajaran ataupun ekstrakulikuler. Meskipun demikian siswa dapat mengikuti materi dengan sangat baik. Tidak terlihat kesulitan berarti selama proses pengerjaan. Hal ini terlihat dari antusias yang tinggi dari seluruh peserta. Terutama saat selesai perakitan robot. Kepiawaian siswa saat merakit robot dan memasukan bahasa pemrograman terlihat selama pembelajaran.
“Kami punya keinginan besar untuk mengeksplor lebih lanjut mengenai arduino dan lainnya, semoga ada pelatihan lanjutan setelah ini ” kata M. Khosyi salah satu peserta yang mengikuti  Workshop.
 
Workshop  yang dihadiri oleh hampir 150 orang peserta yang berasal dari  20  SMK yang berasal   Bandar lampung  dan lampung selatan . Acara ini diakhiri dengan  pembgian sertipikat beasiswa Dr. Andi Surya  dan perkenalan anggota tim robotic Universitas Mitara Indonesia. ( Her / Rls )